Jumat, 11 Mei 2012

Mulailah Memperbaiki dengan Sebuah Komitmen

Hari ini guru -guru diajak oleh kepala sekolah jalan-jalan bertemu dengan pakar mutu pendidikan, sebuah tempat yang asing untuk kami injakan. Balai Besar Bahan dan Barang Teknik. Asing tetapi ketika masuk ada keramahan disana. Kami dikenalkan oleh Pak Aan seorang permerhati pendidikan dengan Pak Priyono.Banyak ilmu yang kami dapatkan. Kami dijelaskan banyak hal tapi tidak seperti menggurui. sehingga kami menikmati apa yang dijelaskan Pak Pri, demikian panggilan akrab kami untuk beliau.
Padadasarnya pendidikan ini adalah bagaimana seorang manusia mengolah manusia, sekolah adalah sebuah lembaga yang terdiri dari manusia-manusia sebagai sumber daya kemudian diolah untuk menjadi manusia yang berkompetensi.
Apa contohnya :      S E K O L A H
Oleh karena itu sekolah harus memiliki target, karena yang diolah adalah manusia. Sebrtulnya apa sih target pengolahan manusia ini ?
Ada 3 target yang dicapai :
1. Mature
2. Knowledge
3. Moral --attitude
Membangun kedewasaan ternyata tidak sulit, biasakan anak untuk mengolah dan menganalisis informasi sehingga anak akan terbiasa memnyelesaikan masalah. Jika kelas terdiri dari kelas gemuk ( banyak siswa ) maka berikan strategi dengan cara putar bangku, jika ada evaluasi selesaikan, untuk menentukan tindak lanjut apa yang hars dilakukan sehingga cepat terselesaikan.
Bagaimana membangun knowledge ?
1. tidak ada les, pengulangan dilakukan pada waktu yang diluangkan sebagai tanggungjawab moral bagi guru terhadap murid ataupun sebaliknya.
2. selalu lakukan evaluasi, walaupun hanya 5 menit.
3. bangunlah ilmu, terutama ilmu bumi di lapangan
4. setiap ada materi selalu ada guidecenya.

Membenahi infrasruktur dengan disiplin karena kita adalah team work
Apa yang kita bangun ?
bangunlah cleans, health and savety dengan suatu komitmen dan syaratnya tidak dilanggar.maka buatlah ketentuan-ketentuan dengan kesepakatan dengan orangtua.

Bagaimana menanamkan Attitude :
1. Kunjungi tempat-tempat yang berhubungan dengan penanaman nasionalisme
2. Prinsip tidak menunda pekerjaan
3. Selalu ikhlas


ketiga target inilah yang seharusnya menjadi bahan kita. Ketiga faktor inilah yang harus kita improv.
Kedewasaan merupakan pokok utama dalam mencapai pendidikan yang optimal. Ketika mencapai kedewasan memerlukan kerjasama  Proses improvment ini bisa melalui :
1. Infrastucture
2. kompetensi
3. Material Education

Tidak ada komentar:

Posting Komentar